materi pelajaran filsafat, cara blogger menghasilkan uang, seo blog, google adsense, blog gratisan, download ebook gratis, materi pelajaran Ini Dia Sifat-Sifat Yang Bisa Menghancurkanmu! - Filocopy.id

Ini Dia Sifat-Sifat Yang Bisa Menghancurkanmu!

Ini Dia Sifat-Sifat Yang Bisa Menghancurkanmu!


Ilustrasi orang yang sombong


Ada beberapa sifat-sifat yang kita alami sehari-hari tanpa disadari bisa menghacurkan diri kita. Mungkin tidak berdampak secara nyata bagi kita, tapi orang-orang di sekitarmu pasti akan merasakan dengan jelas dampak dari apa yang kita lakukan.
Pelajaran ini diambil dari hadits Nabi SAW dan dikutip di dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin. Berikut ini sifat-sifatnya:

1. Kikir yang dipatuhi
Kalian pernah dimintai pertolongan oleh teman-teman kalian? Ya, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Ada kalanya di saat sedang minim dana tentu kita akan menjadi orang yang perhitungan. Dihitung-hitung kita-kira nyukup tidak jika kita memberi kepada teman kita. Nah ternyata terlalu perhitungan alias pelit kepada orang-orang di sekitar kita ternyata bisa menghancurkan diri kita. Orang-orang di sekitar kita akan menjauh jika sifat ini selalu kita turuti. Maka sebisa mungkin diusahakan untuk memberi sekecil apapun. Karena akan ada masanya kita akan membutuhkan bantuan orang-orang di sekitar kita.

2. Hawa Nafsu yang Dituruti
Manusia diciptakan dengan segudang hawa nafsu, dan itu menjadi ujian bagi kita dalam rangka menuju keridloan Tuhan. Hawa nafsu secara naluriah akan selalu muncul di berbagai kondisi. Maka ketika itu terlintas di benak kita, janganlah dituruti. Belajarlah dari pengalaman hidupmu ketika merasakan dampak negatif dari hawa nafsu yang pernah engkau turuti, seperti sombong, angkuh, dan lain sebagainya.

3. Bangga Terhadap Diri Sendiri
Kalian pernah mengalami kalau kalian punya kelebihan dari teman-temanmu? Ya, setiap orang diciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Maka jangan pernah merasa unggul. Karena sifat ini akan membuat kita cepat berpuas diri, tidak pernah mau belajar dari sekitar. Jadikan kelebihanmu itu sebagai media bersyukur kepada Tuhan dan jadikan itu bermanfaat untuk lingkungan sekitarmu.
Nah demikian sifat-sifat yang bisa menghancurkan diri. Semoga bisa menjadi perenungan kita bersama untuk menuju manusia yang manusiawi dan bermanfaat untuk lingkungan.

Source Images: segiempat.com


EmoticonEmoticon

Menu Navigasi Utama

Formulir Kontak