materi pelajaran filsafat, cara blogger menghasilkan uang, seo blog, google adsense, blog gratisan, download ebook gratis, materi pelajaran Pengertian Falsafah Pendidikan Guru dan Contoh-contohnya - Filocopy.id

Pengertian Falsafah Pendidikan Guru dan Contoh-contohnya

Pengertian Falsafah Pendidikan Guru dan Contoh-contohnya
Aktifitas belajar mengajar guru
Sumber: pixabay.com

Guru mempunyai peran penting di dalam pembelajaran di kelas. Mereka tidak hanya bertugas memberikan materi kepada siswa, tetapi guru juga bertugas untuk membimbing siswa. Sehingga, guru mempunyai falsafah pendidikannya sendiri.

Apa itu falsafah pendidikan guru? Falsafah pendidikan guru adalah pandangan tentang bagaimana seorang guru harus mengajar dan mengajarkan siswa. 

Falsafah ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun hubungan saling percaya antara guru dan siswa, dan mengembangkan keterampilan siswa untuk mencapai tujuan akademik. 

Falsafah pendidikan guru juga menekankan pentingnya memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan berkesan bagi siswa.

Mengutip dari kemdikbud bahwa guru adalah tenaga pendidik yang bertugas mengajar, membimbing, dan melatih peserta didik agar dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal. 

Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, karena ia merupakan pengelola proses pembelajaran dan pembimbing bagi peserta didik.

Bagaimana cara memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan berkesan bagi siswa?

1. Berikan materi yang relevan dan bermakna. Pastikan bahwa materi yang Anda berikan memiliki relevansi dengan kehidupan siswa dan memiliki tujuan yang jelas.

2. Berikan kesempatan untuk berdiskusi. Diskusi dapat membantu siswa untuk mengeksplorasi ide-ide mereka dan mengembangkan pemahaman mereka tentang topik yang dibahas.

3. Berikan kesempatan untuk berlatih. Berikan siswa kesempatan untuk mencoba apa yang mereka pelajari dengan cara berlatih dan mengerjakan tugas-tugas praktis.

4. Berikan umpan balik yang bermanfaat. Umpan balik yang bermanfaat dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang topik yang dibahas dan membantu mereka untuk mencapai tujuan belajar mereka.

5. Berikan kesempatan untuk berbagi pengalaman. Berikan siswa kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka dengan teman sekelasnya. 

Sehingga mereka dapat belajar satu sama lain dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja sama.

Guru harus memahami karakteristik lingkungan tempat tinggal siswa. Sehingga, guru mampu untuk memberikan gambaran nyata kepada siswa terkait materi yang sedang dibahas.

Dengan memanfaatkan keadaan lingkungan sekitar siswa, maka pembelajaran bermakna menjadi efektif karena siswa punya pengalaman yang nyata.

Selain itu, guru menjadi dipermudah untuk memberikan contoh yang kongkrit. Guru hanya perlu membimbing siswa untuk mengenali ilmu pengetahuan apa yang selama ini siswa alami di dalam kegiatan sehari-hari mereka.



EmoticonEmoticon

Menu Navigasi Utama

Formulir Kontak